HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEPUTIHAN PADA SISWI KELAS XII DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA HARAPAN MEKAR MEDAN

  • Jessi Gustina STIKes Binalita Sudama
  • Riny Apriani STIKes Binalita Sudama
  • Syahfira Ananda Syahna STIKes Binalita Sudama
  • Rahmi Shaimah STIKes Binalita Sudama

Abstract

Pemahaman tentang kesehatan reproduksi sangat penting bagi wanita, terutama dalam hal keputihan, agar mereka tahu bagaimana cara mengatasinya dan memahami dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku personal hygiene dengan kejadian keputihan pada siswi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilakukan di SMA Harapan Mekar Medan. Populasi penelitian mencakup seluruh siswi kelas XII,, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling sebanyak 33 orang. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square, pada tingkat kepercayaan 95% α=0,05. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa yang berhubungan dengan keputihan meliputi pengetahuan (p=0,005), sikap (p=0,016), dan perilaku (p=0,005). Disarankan kepada siswi agar membersihkan area genital dengan cara yang benar, yaitu dengan mengusap dari depan vagina ke arah belakang anus.

Published
Apr 30, 2024
How to Cite
GUSTINA, Jessi et al. HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEPUTIHAN PADA SISWI KELAS XII DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA HARAPAN MEKAR MEDAN. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 52 - 57, apr. 2024. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/4682>. Date accessed: 24 aug. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/darmaagunghusada.v11i1.4682.
Section
Articles