PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN LANSIA TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 DI DUSUN III DESA BANGUN SARI KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG

  • Zulkarnain Nasution Universitas Darma Agung, Medan
  • Ester Mei Frida Universitas Darma Agung, Medan
  • Olina Bulolo Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Coronavirus Disease (COVID-19) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory syndrome Coronavirus-2 (SARS-Cov-2) yang menjadi masalah kesehatan utamadi indonesia terutama mnyeluruh dunia. Pencegahan penularan COVID-19, WHOmerekomendasikan untuk sering mencuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak, menggunakan masker, menerapkan etika batuk dan bersin, isolasi bagi yang sakit dan karantina bagi yang kontak erat. Saat ini gerakan yang diterapkan di Indonesia adalah melalui pesan kunci (5M), yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan sikap dan tindakan lansia tentang pencegahan Covid-19 di dusun III desa bangun sari kecamatan tanjung morawa kabupaten deli serdang. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah semua lansia di Dusun III Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa sebanyak 75 orang.Sampel penelitian adalah seluruh jumlah populasi sebanyak 75 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Analisa data yang digunakan analisa Univariate. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengetahuan baik 42 orang (56,0%), Sikap positif 53 orang (70,7%), dan Tindakan melakukan 61 (81,3%). Maka diharapkan kepada lansia agar dapat mempertahankan protokol kesehatan dengan terus mengikuti anjuran pemerintah sertamelakukan vaksinasi dalam upaya pencegahan Covid-19.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
NASUTION, Zulkarnain; FRIDA, Ester Mei; BULOLO, Olina. PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN LANSIA TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 DI DUSUN III DESA BANGUN SARI KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 56 - 64, oct. 2022. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/2401>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles