HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESEMBUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU (TB PARU) DI PUSKESMAS PULO BRAYAN KOTA MEDAN TAHUN 2022

  • Selli Dosriani Sitopu Universitas Darma Agung, Medan
  • Detti Silalahi Universitas Darma Agung, Medan
  • Yuni Kristiani Lase Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang semakin hari prevalensinya semakin meningkat terutama pada mas pandemi Covid-19. Saat ini Indonesia menjadi Negara ketiga dangan kasus TB terbanyak di dunia. Hal ini disebabkan pengobatan TB paru yang durasinya sangat panjang yaitu selama 6 bulan, menimbulkan kebosanan dan sering lupa minum obat. Dengan adanya pendemi dan pembatasan mobilitas membuat pasien semakin malas untuk berobat kepuskesmas sehingga mereka gagal dalm pengobatan. Kepatuhan mengkonsumsi obat merupakan faktor penentu dalam penanggulangan TB Paru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kepatuhan minum obat dengan kesembuhan pasien TB Paru Di Puskesmas Pulo Brayan Kota Medan tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien TB paru BTA positif dan dalam pengobatan TB paru dari bulan September 2021 – Maret 2022 sebanyak 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang sudah menjalani pengobatan selama 6 bulan sebanyak 30 orang. Tehnik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Analisa data dalam penelitian menggunakan uji chi-square dengan taraf signifikan < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pasien tingkat kepatuhan minum obat rendah sebanyak 18 orang (60,0%) dan mayoritas tidak sembuh 19 orang (63,3%). Berdasarkan hasil analisa data didapat nilai p.value = 0,000.ini menunjukkan bahwa ada hubungan kepatuhan minum obat dengan kesembuhan pasien tuberkulosis paru di Puskesmas Pulo Brayan Kota Medan tahun 2022. Artinya semakin rendah tingkat kepatuhan pasien dalam minum obat maka maka pasien pasien semakin tidak sembuh. Disarankan kepada pasien supaya patuh dalam minum obat, keluarga juga harus ikut penuh dalam mendukung seklam dalam proses pengobatan, agar pasien sembuh dan pelayanan kesehatan juga meningkatkan dalam pengawasan minum obat (PMO).

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
SITOPU, Selli Dosriani; SILALAHI, Detti; LASE, Yuni Kristiani. HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESEMBUHAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU (TB PARU) DI PUSKESMAS PULO BRAYAN KOTA MEDAN TAHUN 2022. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 48 - 55, oct. 2022. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/2400>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/darmaagunghusada.v9i2.2400.
Section
Articles