HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KECEMASAN REMAJA PUTRI KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN 2021

  • Lilis Novitarum Universitas Darma Agung
  • Maria Pujiastuti STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Mestiana Br. Karo STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Quinta Geledis Sihotang STIKes Santa Elisabeth Medan

Abstract

Masa remaja pada anak perempuan dikenal sebagai periode unik yang ditandai dengan menstruasi. Remaja putri yang sedang menstruasi sering mengalami kecemasan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan tingkat pengetahuan remaja putri kelas VIII di SMP Negeri 3 Pematang Siantar tahun 2021. Jenis penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel propotional random sampling jumlah sampel 61 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan remaja tentang menstruasi di SMP Negeri 3 Pematang Siantar tahun 2021 memiliki pengetahuan dengan kategori cukup sebanyak 45 orang (73,8%) dan remaja putri dengan kategori kecemasan ringan sebanyak 32 orang (52,5%). Berdasarkan uji  fisher exact test  menunjukkan p-value 0,004 (p=<0,05) sehingga ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kecemasan remaja putri kelas VIII di SMP Negeri 3 Pematang Siantar tahun 2021. Diharapkan sekolah dapat menjadikan  bahan/materi mengenai menstruasi pada reproduksi remaja melalui via daring.

Published
Sep 14, 2022
How to Cite
NOVITARUM, Lilis et al. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KECEMASAN REMAJA PUTRI KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN 2021. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 1-9, sep. 2022. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/1894>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles