GAMBARAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT MARTHA FRISKA PULO BRAYAN MEDAN TAHUN 2019

  • Lisdayanti Simanjuntak Akper Harapan Mama Deli Serdang

Abstract

Badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa angka kejadian Infeksi Luka Operasi (ILO) atau Surgical Site Infection (SSI) di Dunia berkisar antara 5% sampai 15%. Mengidikasikan bahwa ILO merupakan infeksi ketiga tersering yang terjadi di Rumah Sakit sekitar 14-16% dari total pasien di rumah sakit mengalami ILO. (WHO, 2013). Hasil survey awal yang dilakukan peneliti di Rumah Sakit Martha Friska Pulo Brayan terdapat 15 keluarga yang merawat pasien post op sectio caesarea. Dari jumlah keluarga ditemukan 8 keluarga yang belum mengetahui, 4 keluarga yang sudah mengetahui sebagian dan 3 yang sudah mengetahui. Pencegahan infeksi luka post op sectio caesarea adalah bagaimana keluarga merawat luka post op sectio caesarea dengan cara membersihkan, merawat, dan yang diharapkan sehingga tidak terjadinya infeksi pada daerah luka post op sectio caesarea. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Keluarga Tentang Pencegahan Infeksi Luka Post Op Sectio Caesarea berdasarkan pendidikan, umur, pekerjaan. Lokasi penelitian ini di Rumah Sakit Martha Friska Pulo Brayan Medan yang dimulai dari bulan Maret s/d Juli tahun 2019. Penelitian ini bersifat Deskriftif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden dengan cara pengambilan sampel secara tehnik Accidental Sampling yaitu sampel yang di dapatkan secara kebetulan ada saat dilakukan penelitian. Pengelolaan data dilakukan dengan cara editing, coding, memasukkan data dan tabulating. Data yang terkumpul dianalisis dalam bentuk tabel dan dilanjutkan membahas hasil penelitian dengan menggunakan teori yang ada. Berdasarkan hasil penelitian Gambaran Pengetahuan Keluarga Tentang Pencegahan Infeksi Luka Post Op Sectio Caesarea di Rumah Sakit Martha Friska Pulo Brayan Medan Tahun 2018 di dapatkan hasil mayoritas responden yang memiliki pengetahuan kurang 10 (50%) responden dan minoritas berpengetahuan baik 5 (25%) responden. Berdasarkan pendidikan mayoritas responden memiliki pengetahuan kurang pendidikan SMP sebanyak 5 (25%) responden. Berdasarkan umur mayoritas responden memiliki pengetahuan kurang yaitu dengan umur 29 – 39 tahun sebanyak 6 (30%) responden. Berdasarkan pekerjaan mayoritas responden memiliki pengetahuan kurang pekerjaan IRT sebanyak 7 (35%) responden. Saran kepada keluarga untuk lebih banyak mencari informasi bagaimana cara mencegah infeksi luka post sectio caesarea, dan menganjurkan keluarga untuk menjaga kebersihan dan menerapkan ilmu yang di dapat dari perawat untuk mencegah terjadinya infeksi yang timbul pada klien.

Published
Apr 25, 2019
How to Cite
SIMANJUNTAK, Lisdayanti. GAMBARAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT MARTHA FRISKA PULO BRAYAN MEDAN TAHUN 2019. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 62-68, apr. 2019. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/157>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles