FAKTOR – FAKTOR RISIKO TERJADINYA INFERTILITAS PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR DI DUSUN V DESA KOLAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN 2020

  • Lisda Yanti Simanjuntak Universitas Darma Agung

Abstract

Infertilitas adalah suatu keadaan dimana suami istri belum dapat memiliki anak walaupun telah melakukan hubungan seksual 2-3 kali seminggu dalam jangka waktu 1 tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun (Djuwantono, 2008). Pasangan wanita usia subur 3 yang mengalami infertilitas karena mengaku telah mengkonsumsi alkohol dan rokok. penulis tertarik untuk mengambil judul penelitian “Faktor-Faktor Penyebab Infertilitas pada Wanita Usia Subur di Dusun V Desa Telaga Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab infertilitas pada wanita. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan dengan cara wawancara dengan wanita usia subur.Jumlah sampel penelitian 30 orang pada bulan Februari – Juni 2020, data yang diambil adalah data primer menggunakan kuesioner pada semua wanita usia subur, teknik yang digunakan adalah accidental sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan pada respon yaitu seluruh wanita usia subur pada saat melakukan penelitian tahun 2020. Hasil penelitian ini sebagian besar berusia 31-40 tahun sebanyak (53,3 %), sebagian besar telah merokok (66,7%), dan yang terpapar polusi (56,7%).Kolam renang kecamatan Percut Sei Tuan pada tahun 2020, hal ini diharapkan bagi wanita usia subur untuk lebih menjaga kesehatan t ahli waris organ reproduksi agar tidak terjadi masalah dalam rumah tangga dan terjadinya kemandulan pada wanita usia subur dan diharapkan petugas kesehatan lebih mendekatkan diri pada wanita usia subur dalam memberikan informasi tentang masalah kesehatan reproduksi agar tidak terjadi kemandulan pada wanita usia subu.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
SIMANJUNTAK, Lisda Yanti. FAKTOR – FAKTOR RISIKO TERJADINYA INFERTILITAS PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR DI DUSUN V DESA KOLAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN 2020. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1-6, apr. 2022. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/1473>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles