KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEKRETARIS KOMISI INFORMASI SUMUT DENGAN STAF DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI KOMISI INFORMASI SUMUT
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pelaksanaan komunikasi interpersonal antara sekretaris Komisi Informasi Sumut dengan staf dalam meningkatkan kinerja di Komisi Informasi Sumut, dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal antara sekretaris Komisi Informasi Sumut dengan staf dalam meningkatkan kinerja di Komisi Informasi Sumut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan komunikasi interpersonal antara sekretaris Komisi Informasi Sumut dengan staf dalam meningkatkan kinerja di Komisi Informasi Sumut sudah berjalan dengan baik. Dari segi keterbukaan, empati, mendukung, sikap postif dan kesetaraa sudah diterapkan dengan baik sehingga staf di Komisi Informasi Sumut mempertahankan dan meningkatkan efektivitas komunikasi interpersonalnya. Faktor penghambat dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal antara sekretaris Komisi Informasi Sumut dengan staf dalam meningkatkan kinerja di Komisi Informasi Sumut adalah adakalanya pimpinan tidak memberitahukan informasi tertentu pada stafnya, pikiran manusia seringkali hanya membatasi informasi yang cocok dengan ekspektasinya, keterbatasan waktu untuk menyampaikan informasi secara menyeluruh dan adanya perbedaaan pengaruh status sosial yang dimiliki antara pimpinan dan staf. Disarankan pimpinan Komisi Informasi Sumut yaitu sekretaris sebaiknya melakukan komunikasi interpersonal secara terus-menerus serta meningkatkan komunikasi interpersonal menjadi hubungan interpersonal. Tujuannyai yaitui agari tidaki terjadii jaraki antarai pemimpini dengani staf,i sehinggai pemimpini dapati dengani mudahi mengarahkani dani meningkatkani kinerjai dii Komisii Informasii Sumut.i Mengatasii ketatnyai penilaiani ataui pengawasani terhadapi kinerjai dii Komisii Informasii Sumuti makai pihaki instansii berusahai memberikani rewardi bagii stafi yangi berprestasi.i Perlui ditingkatkani sosialisasii terhadapi aturan-aturani ataui kebijakani yangi dikeluarkani olehi instansi,i jadii sebaiknyai pihaki instansii selalui berusahai memberikani informasii teraktuali mengenaii berbagaii aturan-aturani ataui kebijakani yangi dikeluarkani olehi instansii kepadai stafi melaluii berbagaii bentuki baiki secarai langsungi maupuni tidaki langsung.i