PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI TERHADAP KINERJA PERSONIL DALAM MENERAPKAN KEPATUHAN MASYARAKAT MENGIKUTI PROTOKOLER KESEHATAN DI MASA COVID-19 DI SATUAN BRIGADE MOBIL (BRIMOB) BATALYON A PELOPOR BINJAI.

  • Midun Midun Universitas Darma Agung

Abstract

Kinerja  sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi antarpribadi. Namun untuk membuktikan apakah komunikasi anatar pribadi berperan untuk itu harus dilakukan penelitian supaya mendapat jawaban yang akurat.Subjek penelitian adalah personil BRIMOB Batalyon A Pelopor Binjai. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif.Hasil penelitian menunjukkan Komunikasi antarpersonil BRIMOB dalam menerapkan protokol kesehatan covid 19, memenuhi aspek pada komunikasi antarpersonal humanistic, yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan Peran komunikasi antarpribadi personil BRIMOB Batalyon A Pelopor di Binjai dapat digunakan untuk penunjang dalam meningkatkan kinerja personil BRIMOB. Peran komunikasi antarpribadi diantaranya adalah untuk meningkatkan kualitas kerja, efisiensi  waktu dan kerja sama. Beberapa faktor penghambat yang dialami Personil Brimob Batalyon A Pelopor Binjai dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat yaktor intern terdiri dari faktor ekonomi dan kurangnya keperdulian masyarakat. Faktor ekstern terdiri dari kebiasaan masyarakat, ketidak percayaan masyarakat kepada pemerintah tentang adanya kebijakan protokpl kesehatan yang dilaksanakan untuk menghentikan pandemik Covid-19 yang sedang melanda.

Published
Apr 30, 2024
How to Cite
MIDUN, Midun. PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI TERHADAP KINERJA PERSONIL DALAM MENERAPKAN KEPATUHAN MASYARAKAT MENGIKUTI PROTOKOLER KESEHATAN DI MASA COVID-19 DI SATUAN BRIGADE MOBIL (BRIMOB) BATALYON A PELOPOR BINJAI.. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 61 - 66, apr. 2024. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/4918>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/creativeagung.v14i1.4918.
Section
Articles