PERANAN KOMUNIKASI PIMPINAN KECAMATAN DALAM MENDORONG KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN MUNTE KABUPATEN KARO.
Abstract
Dalam rangka meningkatkan citra kerja dan kinerja instansi pemerintah menuju ke arah professionalisme dan menunjang terciptanya pemerintahan yang baik (good governance), perlu adanya penyatuan arah dan pandangan bagi segenap jajaran. Sebagaimana diketahui terbentuknya UU No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewujudkan ASN sebagai bagian dari reformasi birokrasi. Dengan komunikasi pimpinan yang efektif dan mumpuni, diharapkan dapat memberikan solusi didalam menyikapi fenomena kinerja Kantor Camat Munte Kabupaten Karo, khususnya Bagian Keamanan dan Ketertiban Umum, Bagian kesejahteraan sosial, Bagian Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Bagian Umum dan Kepegawaian. Tujuan Penelitian ini adalah untukĀ menganalisa peranan komunikasi pimpinan kecamatan dalam mendorong kinerja pegawai pada kantor Kecamatan Munte Kabupaten Karo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Pada akhirnya peneliti mampu mengungkapkan bahwa komunikasi pimpinan yang dimiliki pimpinan memiliki peranan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai. Hal ini disimpulkan pada proses pelaksanaan kerja para narasumber yang berasal dari berbagai jabatan di kantor kecamatan Munte yang secara langsung berkomunikasi dengan peneliti, dan tidak adanya hambatan ataupun keluhan dari masyarakat sampai saat ini. Adapun keluhan atau kendala dalam menyelesaikan masalah, pimpinan Camat melakukan diskusi dengan para pegawai dan seluruh staff yang bekerja di kantor Kecamatan.