PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSISONAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KOMPENSASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Friska Siburian Universitas Darma Agung

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode data kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Regresi Linear Berganda (Multiple Regresion) yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel moderating yaitu kompensasi yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (independent variabel) yaitu gaya kepemimpinan transaksional dan gaya kepemimpinan transformasional  terhadap variabel terikat (dependent variabel) yaitu komitmen organisasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner (angket) kepada responden. Hasil penelitian ini 1) Gaya Kepemimpinan Transaksional (X1) berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi (Y). 2) Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2) berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi (Y). 3) Gaya Kepemimpinan Transaksional (X1), Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2), berpengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap Komitmen Organisasi (Y). 4) Kompensasi (Z) merupakan variabel moderator yang mempengaruhi hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transaksional (X1) dengan Komitmen Organisasi (Y). 5) Kompensasi (Z) merupakan variabel moderator yang mempengaruhi hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2) dengan Komitmen Organisasi (Y). Variabel Gaya Kepemimpinan Transaksional (X1), Gaya Kepemimpinan Transformasional (X2), dan Kompensasi (Z) dapat menjelaskan variabel Komitmen Organisasi (Y) sebesar 41,3%. Melihat hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa pemberian kompensasi memperkuat hubungan gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi, diharapkan terus menjaga pemberian kompensasi untuk selalu menunjang kinerja pegawai yang tentu saja akan berdampak positif juga bagi produktivitas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama Medan.

Published
Sep 18, 2023
How to Cite
SIBURIAN, Friska. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSISONAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KOMPENSASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 1 - 10, sep. 2023. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/3789>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/creativeagung.v13i2.3789.
Section
Articles