ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MEDAN INTERNATIONAL CONVENTION CENTER SEBAGAI LOKASI KEGIATAN MICE

  • Muhammad Rizki Lubis Universitas Darma Agung, Medan
  • Femmy Indriany Dalimunthe Politeknik Pariwisata Medan
  • Jonner Lumban Gaol Unversitas Darma Agung, Medan

Abstract

Salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam kegiatan MICE adalah pemilihan tempat yang dapat memfasilitasi kegiatan MICE dengan maksimal. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis apakah faktor aksesibilitas, peluang kegiatan tambahan, fasilitas akomodasi, fasilitas rapat, dan lokasi merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan MICC untuk penggunaan kegiatan MICE di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah penyelenggara kegiatan MICE di MICC, dengan jumlah 45 penyelenggara. Dengan teknik sampel jenuh, banyak sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 45 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor KMO, analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat 1 faktor yang yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih MICC sebagai lokasi kegiatan MICE di Medan, yaitu aksesibilitas dengan Nilai Eigenvalue Component 1 sebesar 4.067 atau > 1 dan mampu menjelaskan 81.330 % variasi. Peluang kegiatan tambahan, fasilitas akomodasi dan fasilitas rapat berpengaruh secara parsial terhadap pemilihan MICC untuk kegiatan MICE. Aksesibilitas dan lokasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap pemilihan MICC untuk kegiatan MICE. Aksesibilitas, peluang kegiatan tambahan, fasilitas akomodasi, fasilitas rapat, dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap pemilihan MICC untuk kegiatan MICE.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
LUBIS, Muhammad Rizki; DALIMUNTHE, Femmy Indriany; GAOL, Jonner Lumban. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MEDAN INTERNATIONAL CONVENTION CENTER SEBAGAI LOKASI KEGIATAN MICE. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 195 - 208, oct. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/2344>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/creativeagung.v12i2.2344.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)