PENGARUH PROMOSI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI KAWASAN KESAWAN KOTA MEDAN
Abstract
Kesawan merupakan kawasan yang sebagian besar bangunannya difungsikan bagi kegiatan usaha seperti usaha perdagangan, perkantoran maupun usaha pariwisata. Ragam unit usaha dan layanan yang tersedia di Kesawan menjadikan kawasan ini sama dengan satu di antara yang ada tempat wisata di Kota Medan. Aktivitas ekonomi masyarakat yang bermukim di Jalan Ahmad Yani bermata pencaharian sebagai pedagang. Penyajian data yang dilakukan mempunyai tujuan tahu akan promosi dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung Kawasan Kesawan. Metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan SPSS.25. Penelitian menunjukkan bahwa variabel X1 (promosi) dan Y (keputusan berkunjung) terdapat pengaruh yang linear dengan nilai F hitung 2,486 dan nilai signifikan 0,004. variabel X2 (fasilitas) dan Y (keputusan berkunjung) terdapat pengaruh yang linear dengan nilai F hitung 3,790 dan nilai signifikan 0,000. Kawasan Kesawan bagi pengelola disarankan meningkatkan program promosi melalui media cetak dan siaran seperti majalah, brosur, radio dan televisi. Promosi melalui interaksi langsung antar seseorang, publisitas, Direct & Digital Marketing. Fasilitas dapat dilakukan penambahan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang datang. Peningkatan kerjasama kepada masyarakat dalam promosi Kawasan Kesawan serta menjaga fasilitas yang ada di sekitar Kawasan Kesawan agar tetap terjaga dan membuat kenyamanan saat berada di Kawasan Kesawan.