PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MEMILIH MENGINAP DI LE POLONIA HOTEL

  • Mohammad Yusuf Dalimunthe Universitas Darma Agung

Abstract

Keputusan konsumen menginap tergantung pada kepuasan pelanggan yang telah menginap di hotel. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan menginap adalah kualitas produk, harga, service quality. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk, harga dan service quality secara parsial dan simultan terhadap keputusan tamu memilih menginap di Le Polonia Hotel. Populasi penelitian ini rata-rata 13.112 per tahun pelanggan Le Polonia Hotel, sehingga dalam satu bulan diperoleh pelanggan 1.093 pelanggan. Berdasarkan rumus slovin maka jumlah sampel sebanyak 92 orang, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih menginap pada Le Polonia Hotel, dimana semakin baik kualitas produk maka akan semakin mendukung bagi keputusan menginap tamu pada hotel. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih menginap pada Le Polonia Hotel, dimana semakin rendah harga produk maka akan semakin mendukung bagi keputusan menginap tamu pada hotel. Variabel service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih menginap pada Le Polonia Hotel, dimana semakin baik service quality maka akan semakin mendukung bagi keputusan menginap tamu pada hotel. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan pengaruh kualitas produk, harga dan service quality terhadap keputusan menginap. Koefisien determinasi sebesar 93,30 % variasi keputusan menginap tamu dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, harga dan service quality secara serempak, sedangkan sisanya 6,70 % lagi dijelaskan oleh faktor lain, seperti variabel letak hotel dan reputasi hotel. Disarankan 1.           Hotel perlu lebih mengendalikan kualitas produknya agar tidak mudah berubah sehingga tamu menjadi tidak ragu memilih hotel. Hotel perlu menyesuaikan harga dengan kualitas produk, serta mempertimbangkan faktor permintaan pasar dalam menetapkan harga produknya. Hotel perlu memperbaiki kualitas pelayanan dengan secara tanggap terhadap keluhan tamu serta menjalin komunikasi personal yang baik dengan tamu.


 

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
DALIMUNTHE, Mohammad Yusuf. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MEMILIH MENGINAP DI LE POLONIA HOTEL. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 127 - 139, oct. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/2296>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles