PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL DANAU TOBA INTERNASIONAL MEDAN

  • Mhd Daud Siregar Universitas Darma Agung

Abstract

Terdapat titik acuan dapat digunakan sebagai pedoman dalam menentukan tingkat keberhasilan pelaksanaan pekerjaan oleh masing-masing karyawan, yaitu standar kerja yang ditetapkan terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi kerja, dan kemampuan kerja serta lingkungan kerja baik secara parsial juga simultan terhadap kinerja dari karyawan di Hotel Danau Toba Internasional Medan. Populasi penelitian berjumlah 300 tenaga kerja, jumlah sampel digunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel 75 karyawan. Teknik pengumpulan data seperti kuesioner, wawancara, dokumentasi. Analisis data berupa uji asumsi klasik, regresi berganda, uji parsial (uji-t), uji simultan (uji F) serta koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh variabel motivasi dan kemampuan kerja serta lingkungan kerja baik secara parsial dan juga secara simultan yang berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 89,10 % variasi kinerja karyawan dijelaskan oleh variabel motivasi dan kemampuan kerja, serta lingkungan kerja secara serempak, sedangkan sisanya 10,90 % lagi disebabkan oleh faktor lain, seperti variabel pengembangan karir juga promosi jabatan. Disarankan perlu dipertimbangkan untuk menyesuaikan beban kerja dengan gaji yang diterima karyawan, mengupayakan agar karyawan perlu diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan,  memperbaiki lingkungan pekerjaan agar alat penerangan ditata pada tempat yang sesuai dengan kebutuhan, dekorasi ruangan dirancang dengan baik, mengurangi percakapan antara sesama karyawan.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
SIREGAR, Mhd Daud. PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEMAMPUAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL DANAU TOBA INTERNASIONAL MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 34 - 46, oct. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/2289>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles