PENGARUH PERIKLANAN, LOKASI DAN FASILITAS FISIK TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA HOTEL GRAND ANTARES MEDAN

  • Bobby Rahman Universitas Darma Agung

Abstract

Keputusan menginap adalah hasil akhir dari sebuah evaluasi akan sebuah produk ditawarkan kepada konsumen. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan menginap adalah periklanan, lokasi dan fasilitas fisik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh periklanan, lokasi dan fasilitas fisik berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan menginap di Hotel Grand Antares Medan. Populasi penelitian ini


 


berjumlah 9.843 orang Hotel Grand Antares Medan pada periode tahun 2019 sehingga dalam satu bulan jumlah pelanggan 820 pelanggan. Berdasarkan rumus slovin maka jumlah sampel sebanyak 89 orang, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel periklanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Grand Antares Medan, dimana semakin baik periklanan maka akan semakin mendukung bagi keputusan menginap tamu pada hotel. Variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap pada Hotel Grand Antares Medan, dimana semakin baik periklanan maka akan semakin mendukung bagi keputusan menginap tamu di hotel. Variabel fasilitas fisik berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Grand Antares Medan, dimana semakin baik fasilitas fisik maka akan semakin mendukung bagi keputusan menginap tamu di hotel. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan pengaruh periklanan, lokasi dan fasilitas fisik terhadap keputusan menginap. Koefisien determinasi sebesar 86,90 % menunjukkan bahwa variasi keputusan menginap tamu dapat dijelaskan oleh variabel periklanan, lokasi dan fasilitas fisik secara simultan, sedangkan sisanya 13,10 % lagi dijelaskan faktor lain, seperti variabel harga dan kualitas pelayanan. Disarankan manajemen hotel perlu membuat iklan hotel yang menarik minat masyarakat dalam memperhatikan iklan, serta mampu membangkitkan keinginan untuk menggunakan jasa hotel berdasarkan iklan yang dibuat. Hotel perlu memperbaiki unsur lokasi dengan cara menyediakan fasilitas umum di dalam hotel agar tamu tidak perlu keluar jauh dari lokasi hotel, seperti supermarket untuk berbelanja dan kolam renang untuk refresing. Hotel perlu membuat penataan cahaya yang lebih menarik di dalam hotel agar dapat membuat tamu menjadi lebih betah berada di dalam hotel, serta tidak membosankan.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
RAHMAN, Bobby. PENGARUH PERIKLANAN, LOKASI DAN FASILITAS FISIK TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA HOTEL GRAND ANTARES MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 20 - 33, oct. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/2288>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles