PENGARUH HARGA MINYAK DUNIA DAN HARGA BATUBARA ACUAN TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN KURS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR MINING AND COAL DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Empiris Pada Emiten Mining And Coal Di Bursa Efek Indonesia periode

  • Rahmat Ramadhan Universitas Darma Agung
  • Mangasi Sinurat Universitas Darma Agung
  • Rasmulia Sembiring Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Harga Minyak Dunia dan Harga Batubara Acuan terhadap Return dengan Kurs Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Sektor Mining and Coal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara Studi Dokumentasi yakni teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada obyek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Harga Minyak Dunia (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kurs (Z). 2) Harga Batubara Acuan (X2) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kurs (Z). 3) Harga Minyak Dunia (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham (Y). 4) Harga Batubara Acuan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Return Saham (Y). 5) Kurs (Z) berpengaruh signifikan terhadap Return Saham (Y). 6) Kurs (Z) merupakan variabel intervening yang memediasi pengaruh Harga Minyak Dunia (X1) terhadap Return Saham (Y). 7) Kurs (Z) bukan merupakan variabel intervening yang memediasi pengaruh Harga Batubara Acuan (X2) terhadap Return Saham (Y).

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
RAMADHAN, Rahmat; SINURAT, Mangasi; SEMBIRING, Rasmulia. PENGARUH HARGA MINYAK DUNIA DAN HARGA BATUBARA ACUAN TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN KURS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR MINING AND COAL DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Empiris Pada Emiten Mining And Coal Di Bursa Efek Indonesia periode. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 100-111, apr. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1539>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles