PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (Persero) UNIT INDUK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT SUMATERA

  • Donalson Silalahi Universitas Darma Agung
  • Fatma Novinda

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja karyawan yang mengarah kepada keadaan yang lebih baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sumatera. Dengan objek penelitian dibatasi hanya terhadap lingkungan kerja dan stress kerja sebagai variabel bebas dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Sampel yang diambil adalah sebanyak 31 orang. Metode yang digunakan penulis adalah dengan membagikan kusioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil persamaan dari analisis ini adalah Y= a +  + , setelah diproses dengan menggunakan program SPSS, persamaan yang diperoleh sebagai berikut Y= 0,568 + 0,562 + 0,593, diketahui nilai koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,631 artinya persentase pengaruh variabel lingkungan kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 63,1% dan sisanya 36,9% ditentukan variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dari penelitian tersebut nilai Fhitung>Ftabel (50,398>3,34) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari lingkungan kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan secara bersamaan. Disarankan kepada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sumatera untuk selalu menjaga kenyamanan lingkungan kerja serta menjaga keseimbangan dari stress kerja dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja keryawan.

Published
Jul 29, 2021
How to Cite
SILALAHI, Donalson; NOVINDA, Fatma. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (Persero) UNIT INDUK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT SUMATERA. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 164-173, july 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1076>. Date accessed: 09 may 2024.
Section
Articles