PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. BANJAR SETIA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Banjar Setia Medan. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dengan sampel penelitian yang berjumlah 65 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitaf dengan menggunakan uji validitas, ujin realibilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis linier sederhana menunjukkan persamaan Y = 5,595 + 0,591X . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat diperoleh dari hasil uji t yang dilakukan, diperoleh bahwa nilai thitung 5,776 sedangkan nilai ttabel nya 1,669 (df = 65-2 = 62), nilia signifikannya adalah sebesar 0,000 lebih kecil dari pada taraf signifikan 0,05. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen strategi pemasaran jasa terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan sebesar 34,6% sedangkan sisanya sebesar 65,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.