PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIBORONGBORONG TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Ika Adelina Siregar Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli
  • Erlinawati Situmorang Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli
  • Mariati Saragih Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyampaikan ide-idenya dalam menulis argumentasi karena kurangnya kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaru model pembelajaran inkuiri berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Siborongborong Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen two-group yaitu kelas eksperimen sebagai post-test dengan perlakuan dan kelas kontrol sebagai pre-test tanpa perlakuan. Alat pengumpul data adalah dengan tes tertulis dengan memperhatikan aspek-aspek penilaiannya. Hasil uji hipotesis dari daftar distribusi dengan tabel t untuk  = 0,05 dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (35 + 36) – 2 = 69. Pada Ttabel dk = 69 diperoleh taraf signifikan  = 0,05 Ttabel = 1,667. Oleh karena itu to diperoleh lebih besar dari Ttabel yaitu 3,714 > 1,667, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis argumentasi oleh siswa kelas X SMA negeri 2 Siborongborong Tahun Ajaran 2022/2023.

Published
Jun 30, 2023
How to Cite
SIREGAR, Ika Adelina; SITUMORANG, Erlinawati; SARAGIH, Mariati. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIBORONGBORONG TAHUN AJARAN 2022/2023. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 65 - 73, june 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3691>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3691.
Section
Articles