HUBUNGAN PROFESIONAL GURU DENGAN KARAKTER SISWA KELAS XI SMA SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Menius Giawa Universitas Darma Agung, Medan
  • Kurniawan Kurniawan Universitas Darma Agung, Medan
  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung, Medan
  • Manahan Manullang Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara Profesional Guru Dengan Karakter Siswa Kelas XI SMA Swasta Mulia Pratama Medan Model pembahasan ini ialah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak peserta kelas XI SMA Swasta Mulia Pratama Medan yang berjumlah 55 orang. Apabila populasi angka sedikit, kemudian semua populasi diangkat sampel (sampel total). Bagian pengumpulan data untuk dipakai dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 30 item yang masing-masing terdiri dari 4 option Sebelum angket dibagikan terlebih dahulu diuji  cobakan dikelas yang berbeda untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.Hasil uji normalitas data Profesional Guru (X) di SMA Swasta Mulia Pratama Medan berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 = (21,1127 < 73,31149), Karakter Siswa (Y) di SMA Swasta Mulia Pratama Medan berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 = (31,3488 < 73,31149), Hitungan uji linearitas data Profesional Guru dengan Karakter Siswa adalah linear dengan persamaan Y = 53,4+0,68 X digunakan dengan Fh > Ft = (53,01 > 4,02), Hasil uji kecenderungan Profesional Guru (X) cenderung cukup (40%). Hasil uji kecenderungan Karakter Siswa (Y) cenderung cukup (27%). Dengan hasil uji korelasi (X) dan (Y) diperoleh rhitung  = 1,38 digunakan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 55

Published
Dec 12, 2022
How to Cite
GIAWA, Menius et al. HUBUNGAN PROFESIONAL GURU DENGAN KARAKTER SISWA KELAS XI SMA SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 9 - 25, dec. 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/2463>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles