PENGARUH YANG SIGNIFIKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI KELAS X SMK FARMASI YPFSU MEDAN T.A. 2017/2018

  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan pengaruh yang signifikan  model pembelajaran inkuiri berbasis media video pada materi pokok ketentuan  UUD NRI 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara, dan penduduk,agama, dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan di kelas X SMK Farmasi YPFSU Medan T.A. 2017/2018.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 orang yang terdiri dari 4 kelas paralel. Instrumen tes dalam penelitian ini sebanyak 25 soal berbentuk pilihan berganda yan telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran instrumen tes. Hasil penelitian untuk uji kesamaan rata-rata pretes diperoleh thitung sebesar 0,30. Pada taraf nyata α = 0,05 dan dk= 68 diperoleh ttabel  sebesar 1,99, karena thitung< ttabel (0,30<1,99) dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal kelas kontrol. Untuk uji kesamaan rata-rata postes diperoleh thitung4,84. pada taraf nyata α = 0,05 dan dk= 68 diperoleh ttabel 1,67, karena thitung> ttabel (4,840>1,67) . sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaram inkuiri berbasis media video  terhadap hasil  belajar Pkn pada materi pokok  ketentuan UUD NRI 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara, dan penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan di kelas X SMK Farmasi YPFSU Medan  T.A. 2017/2018

Published
Apr 5, 2019
How to Cite
NAIBORHU, Murni. PENGARUH YANG SIGNIFIKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI KELAS X SMK FARMASI YPFSU MEDAN T.A. 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-30, apr. 2019. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/152>. Date accessed: 23 nov. 2024.
Section
Articles