HUBUNGAN STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS XI SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Pembelajaran di Masa padami.Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI berjumlah 70 orang. Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan (sampel total). Hasil uji normalitas data Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Pembelajaran di Masa pandemi(X) Kelas XI berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (24,6 < 90,53). Hasil Belajar PKn (Y) di Kelas XI berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (84,52 < 90,53). Hasil uji linearitas data Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Pembelajaran di Masa pandemi dengan Hasil Belajar PKn adalah linear dengan persamaan Y = 71,07 + 0,051 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (36,38 > 3,98). Hasil uji kecenderungan Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Pembelajaran dikategorikan tinggi (65,71%).Hasil uji kecenderungan Belajar (Y) dikategorikan tinggi (34,28%).Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung = 0,732 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 70 diperoleh rtabel = 0,232. Karena rhitung > rtabel (0,732 > 0,232) maka hal ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung= 8,86 ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel (8,86 > 1,66). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Pada Masa Pendemi