HUBUNGAN KREATIVITAS GURU PKN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP HANGTUAH BELAWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemi covid – 19. Jenis penelitian ini adalah diskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 35 orang.Hasil uji persyaratan analisis normalitas data kreativitas guru PKn berdistribusi normal dengan hasil < (30,34 < 49,80). Data kreativitas guru PKn berdistribusi normal dengan hasil < (21,99 < 49,80). Hasil uji linieritas Hasil belajar siswa kelas IX SMP Hangtuah Belawan T.A 2020/2021 adalah linier, dengan persamaan Y= 19,31+0,74 X dikonsultasikan dengan Fhitung > Ftabel (49,40 > 4,14). Hasil uji kecenderungan hasil belajar dikategorikan baik (37,14%) dan kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemic covid - 19 dikategorikan baik (28,57%). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi di peroleh rhitung = 0,775 dengan mengonsultasikan rtabel untuk N=35 pada taraf signifikan 5%, adalah 0,334. Maka nilai dari rhitung (0,775) > rtabel (0,334), hal ini menunjukkan ada hubungan antara kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemic covid –19 dengan hasil belajar siswa 2020 / 2021 dilanjutkan dengan uji “t” taraf signifikan 5% dimana diperoleh thitung > ttabel (5,452 > 1,689). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemic dengan hasil belajar siswa kelas IX SMP Hangtuah Belawan.