HUBUNGAN KREATIVITAS GURU PKN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP HANGTUAH BELAWAN

  • Murni Naiborhu
  • Intan Simbolon
  • Henyta Natalisda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemi covid – 19. Jenis penelitian ini adalah diskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 35 orang.Hasil uji persyaratan analisis normalitas data kreativitas guru PKn berdistribusi normal dengan hasil  <    (30,34 < 49,80). Data kreativitas guru PKn berdistribusi normal dengan hasil  <    (21,99 < 49,80). Hasil uji linieritas Hasil belajar siswa kelas IX SMP Hangtuah Belawan T.A 2020/2021 adalah linier, dengan persamaan Y= 19,31+0,74 X dikonsultasikan dengan Fhitung > Ftabel (49,40 > 4,14). Hasil uji kecenderungan hasil belajar dikategorikan baik (37,14%) dan kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemic covid - 19 dikategorikan baik (28,57%). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi di peroleh rhitung = 0,775 dengan mengonsultasikan rtabel untuk N=35 pada taraf signifikan 5%, adalah 0,334. Maka nilai dari rhitung (0,775) > rtabel (0,334), hal ini menunjukkan ada hubungan antara  kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemic covid –19  dengan hasil belajar siswa 2020 / 2021 dilanjutkan dengan uji “t” taraf signifikan 5% dimana diperoleh thitung  > ttabel (5,452 > 1,689). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kreativitas guru PKn dalam pembelajaran online di masa pandemic dengan hasil belajar siswa kelas IX SMP Hangtuah Belawan.

Published
Feb 10, 2022
How to Cite
NAIBORHU, Murni; SIMBOLON, Intan; NATALISDA, Henyta. HUBUNGAN KREATIVITAS GURU PKN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP HANGTUAH BELAWAN. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 13-20, feb. 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1279>. Date accessed: 15 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)