HUBUNGAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS XI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsentrasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah “ ada hubungan yang signifikan antar a konsentrasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan yang terdiri 2 kelas berjumlah 62 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel total . Untuk menjaring data variabel konsentrasi belajar (X) penulis menggunakan angket dan untuk variabel prestasi belajar (Y) penulis menggunakan Daftar Kumpulan Nilai (DKN). Sebelum uji korelasi dilakukan terlebih dahulu diadakan uji normalitas dan uji linieritas persyaratan anlisis . Hasil persayaratan analisis normalitas data konsentrasi belajar mengajar berdistribusi normal. Dengan hasil perhitungan X²hitung > X²tabel (10,371< 11,07). Data normalitas prestasi belajar Pkn siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan Tahun Ajaran 2020/2021 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan Y²hitung < Y²tabel (9,749 < 11,07). Hasil persayaratan analisis uji lineritas data konsentrasi belajar dan prestasi belajar Pkn siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021. 825,66 adalah linier dengan persamaan Y = 53,94 + 0,342 dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fhitung > F tabel (68,2 > 4.10). Untuk menggunakan ada tidaknya hubungan yang signifikan antara konsentrasi belajar dengan prestasi belajar Pkn siswa kelas XI di SMA GKPI Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021, maka penulis melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilaia koefisien adalah r hitung = 8,215 lalu dikonsultasikan terhadap nilai r tabel untuk taraf signifikan 0,05 dengan jumlah N = 35 yaitu 0,312 . Maka diketahui bahwa r hitung > r tabel (8,215 > 0,312 ). Untuk menguji taraf signifikan korelasi digunakan dengan uji “t” pada taraf signifikan 0,05 dengan perhitungan t hitung > t tabel (0,709 >168). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan Konsentrasi Belajar dengan Prestasi belajar Pkn Siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Swasta Bahagia Medan Tahun Ajaran 2020