PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN TANAH DAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

  • Bilter A. Sirait DPK Fakultas Pertanian Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem pengolahan tanah dan dosis pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah (Arachis hypogaea L.). Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Bunga Rampe VII, Kecamatan Medan Johor yang berada pada ketinggian tempat ± 28 m di atas permukaan laut.  Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Mei – Juli 2017.


            Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terpisah (RPT) dengan menggunakan 2 faktor perlakuan, yaitu pemberian pupuk nitrogen dan waktu tanam yang diulang 3 kali.  Petak utama terdiri dari perlakuan pengolahan tanah (P) yaitu : P1 = tanpa olah tanah, P2 = pengolahan tanah minimum, P3 = pengolahan tanah sempurna. Anak petak terdiri dari dosis pupuk kandang ayam (K) yaitu : K1  = 3 kg/m², K2  = 6 kg/m² dan K3 = 9 kg/m².


            Hasil penelitian menunjukkan perlakuan sistem pengolahan tanah berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah polong berisi, bobot kering polong per plot dan bobot kering 100 biji, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah polong hampa dan jumlah polong muda tanaman kacang tanah. Sistem pengolahan tanah yang paling baik adalah sistem olah tanah sempurna, kemudian diikuti dengan sistem olah tanah minimum, sedangkan perlakuan tanpa olah tanah menghasilkan pertumbuhan dan produksi yang lebih rendah dibanding sistem olah tanah sempurna dan olah tanah minimum. Perlakuan sistem pupuk kandang ayam berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah polong berisi, bobot kering polong per plot dan bobot kering 100 biji, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah polong hampa dan jumlah polong muda tanaman kacang tanah.  Hubungan antara dosis pupuk kandang ayam dengan pertumbuhan dan produksi kacang tanah adalah linier positif, dimana semakin tinggi dosis pupuk kandang ayam yang diberikan hingga 6 kg/m2, menyebabkan pertumbuhan dan produksi semakin tinggi. Interaksi perlakuan sistem pengolahan tanah dengan pupuk kandang ayam berpengaruh tidak nyata terhadap semua peubah yang diamati.

Published
May 11, 2020
How to Cite
SIRAIT, Bilter A.. PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN TANAH DAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 25-37, may 2020. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/486>. Date accessed: 25 june 2024.
Section
Articles