PENGARUH PEMBERIAN DOLOMIT DAN WAKTU PENYIANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays sacharata Sturt. L.)

  • Frando Barus Universitas Darma Agung, Medan
  • Agustibus telaumbanua Universitas Darma Agung, Medan
  • Ramerson Sumbayak Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dolomit dan waktu penyiangan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor perlakuan. Faktor pertama adalah pupuk Dolomit (D) dengan 3 taraf yaitu : D1 = Dolomit 1 kg/plot, D2 = Dolomit 1,5 kg/plot dan D3 = Dolomit 2 kg/plot. Faktor kedua adalah  waktu penyiangan (P) dengan 3 jenis yaitu : P1  = 1  x  Penyiangan (Minggu : IV), P2  = 2 x  Penyiangan (Minggu :III dan VI) dan P3  = 3 x  Penyiangan (Minggu : III, V dan VII ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk dolomit hingga dosis 2 g/plot nyata meningkatkan tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, lebar daun, panjang tongkol dan bobot tongkol berkelobot per plot. Perlakuan waktu penyiangan berpengaruh nyata meningkatkan tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, lebar daun, panjang tongkol dan bobot tongkol berkelobot per plot. Waktu penyiangan terbaik meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman jagung sebanyak 3 kali yaitu pada minggu  III, V dan VII. Interaksi pupuk dolomit dan waktu penyiangan Phonska berpengaruh tidak nyata terhadap seluruh parameter yang diamati.

Published
Apr 13, 2023
How to Cite
BARUS, Frando; TELAUMBANUA, Agustibus; SUMBAYAK, Ramerson. PENGARUH PEMBERIAN DOLOMIT DAN WAKTU PENYIANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays sacharata Sturt. L.). JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 69 - 83, apr. 2023. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/3055>. Date accessed: 21 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/agrotekda.v7i1.3055.
Section
Articles