PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE-NURSERY

  • Seferman Laia Universitas Darma Agung
  • Binner Sitorus Universitas Darma Agung
  • Agnes Imelda Manurung Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq). pemberian pupuk hayati Kascing dan pupuk NPK pada pre-nursery. Penelitian dilakukan di halaman rumah yang berlokasi di Jln. Abdul hakim gang Wakaf no. 7 Tanjungsari kec. Medan selayang dengan ketinggian tempat ± 2,5 - 37,5 meter di atas permukaan laut. Penelitian ini dilakukan mulai Mei 2020 sampai dengan bulan Agustus 2020 Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) factor yang terdiri dari dua factor. faktor pertama adalah perlakuan dosis pupuk kascing dengan simbol (K) yang terdiri dari 3 taraf ialah : faktor pertama dosis pupuk Kascing K0 = tanpa perlakuan pupuk, K1 = 100 g / polibags, K2 = 200 g/polibag Faktor kedua adalahpemberian dosis pupuk  NPK yang disimbolkan (N) terdiri dari 3 taraf yaitu N1 = 6 g/polibag, N2 = 12 g/polibag, N3 = 18 g/polibag. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan dosis pemupukan kascing sebesar 200 g/polibag dapat meningkatkan tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun dan luas daun kelapa sawit pada prenursery secara grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pukan NPK sampai 18 g / polibag dapat meningkatkan tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang daun, lebar daun, dan luas daun benih kelapa sawit pada prenursery secara grafik.  interaksi dosis pupuk kascing dan dosis pupuk  NPK berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang daun, lebar daun dan luas daun pada benih kelapa sawit di pre-nursery.

Published
Mar 31, 2021
How to Cite
LAIA, Seferman; SITORUS, Binner; MANURUNG, Agnes Imelda. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE-NURSERY. JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 213-230, mar. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/1390>. Date accessed: 16 aug. 2022.
Section
Articles