PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KALIUM DAN UNSUR HARA MIKRO BESI (Fe) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

  • Roy Romlan Universitas Darma Agung
  • Vinsensia Laia Universitas Darma Agung
  • Tiurmaida Nainggolan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk Kalium  dan unsur hara Mikro Besi (Fe) terhadap pertumbuhan dan produksi kacang tanah. Penelitian dilakukan di Jalan Binjai km 10,5 dengan ketinggian 28 meter diatas permukaan laut. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan April – Juli 2020.Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktor perlakuan. Faktor  pertama adalah pupuk Kalium terdiri dari 3 level pemupukan yaitu : K1 = 12 g/plot, K2 = 24 g/plot, K3 = 36 g/plot. Faktor kedua adalah unsur hara mikro Besi (Fe) terdiri dari 4 level, yaitu: F0 = (tanpa unsur hara mikro), F1 = 0,5 g/plot, F2 = 1,0 g/plot dan F3 = 1,5 g/plot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pupuk kalium 36 g/plot sangat nyata meningkatkan tinggi tanaman, jumlah cabang utama dan jumlah ginofora. Perlakuan dosis unsur hara mikro 1 g/plot sangat nyata meningkatkan tinggi tanaman, jumlah cabang utama dan jumlah ginofora. Interaksi antara dosis pupuk kalium dan dosis hara mikro Besi (Fe) tidak nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah cabang utama dan jumlah ginofora.

Published
Mar 31, 2021
How to Cite
ROMLAN, Roy; LAIA, Vinsensia; NAINGGOLAN, Tiurmaida. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KALIUM DAN UNSUR HARA MIKRO BESI (Fe) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 68-82, mar. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/1387>. Date accessed: 16 aug. 2022.
Section
Articles