ANALISIS EFISIENSI USAHA ANGGREK BULAN (Phalaenopsis Amabilis) DI DESA LIMAU MANIS, KECAMATAN TANJUNG MORAWA, KABUPATEN DELI SERDANG

  • Nellys Menifili Sister Zega Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 15 juni 2020.jenis data yangg digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis nilai tambah,kelayakan finansial. Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel perhitungan menggunakan rumus Solvin dan menjadi jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebayak 33 sampel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Ketersedian input tanaman hias anggrek bulan di daerah penelitian (2) Pendapatan usaha tanaman hias anggrek bulan di daeah penelitian (3) Kelayakan/efisiensi usaha tanaman hias anggrek bulan di daerah penelitian. Hasil analisis di tempat penelitian di peroleh (1) Ketersediaan input untuk tanaman hias sangat tinggi.  (2) Pendapatan usaha tanaman hias masih tinggi karena berada diatas UMR Kabupaten Deli Serdang. (3) Analisis efisiensi usahatani tanaman hias anggrek di tempat penelitian di peroleh nilai R/C ratio 1,8%,sehingga dapat dikatakan bahwa usahatani tanaman hias anggrek di daerah penelitian layak secara efisiensi.

Published
Sep 30, 2021
How to Cite
ZEGA, Nellys Menifili Sister. ANALISIS EFISIENSI USAHA ANGGREK BULAN (Phalaenopsis Amabilis) DI DESA LIMAU MANIS, KECAMATAN TANJUNG MORAWA, KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 172 - 182, sep. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2136>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles