ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA DAN PRODUKSI KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PTPN. III Kebun Sarang Ginting, Kecamatan Dolok Masihul, Kebupaten Serdang Bedagai)

  • Narwan Hondro Universitas Darma Agung
  • Frendi Harefa Universitas Darma Agung
  • Nelly M.R. Sinaga Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini adalah sutu studi kasus yang dilakukan di PTPN. III Kebun Sarang Ginting di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai pada bulan AprilĀ  2020. Ada tiga tujuan dari penelitian ini, yaitu 1. Membandingkan hasil produksi kelapa sawit di PTPN. III Kebun Sarang GintingĀ  dengan hasil produksi kelapa sawit di Kecamatan Dolok Masihul; 2. Untuk mengetahui adanya pengaruh faktor individu, faktor sosial serta pengaruh faktor utama terhadap produktivitas tenaga kerja karyawan di PTPN. III Kebun Sarang Ginting; 3. Untuk mengetahui adanya pengaruh faktor luas lahan, jumlah populasi tanaman, jumlah penggunan pupuk, jumlah tenaga kerja, dan jumlah penggunaan pestisida terhadap produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa;1. Tingkat produksi kelapa sawit di PTPN. III Kebun Sarang Giting lebih rendah bila dibandingkan dengan produksi kelapa sawit di Kecamatan Dolok Masihul;2. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa pengaruh faktor individu, faktor sosial dan faktor utama secara bersama idak mempengaruhi produktivitas tenaga kerja karyawan di PTPN. III Kebun Sarang Giting.; 3 Hasil analisi regresi linier berganda menunjukkan ada pengaruh nyata antara faktor-faktor produksi terhadap produksi kelapa sawit di PTPN. Kebun Sarang Giting.

Published
Mar 31, 2021
How to Cite
HONDRO, Narwan; HAREFA, Frendi; SINAGA, Nelly M.R.. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA DAN PRODUKSI KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PTPN. III Kebun Sarang Ginting, Kecamatan Dolok Masihul, Kebupaten Serdang Bedagai). JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 111 - 122, mar. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2087>. Date accessed: 25 june 2024.
Section
Articles