ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGANAGRIBISINIS BENIH UNGGUL PADI SAWAH (Oryza satyva L.) di UPTD. BENIH INDUK PADIMURNI TANJUNGMORAWA

  • Naomi Hutauruk Universitas Darma Agung
  • Saripah Ani Kembaren Universitas Darma Agung
  • Effendi Lubis Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) strategi pengembangan varietas inpari -32 padi sawah di daerah penelitian, (2) startegi pemasaran benih unggul varietas inpari -32 di daerah penelitian. Penelitian dilaksanakan di UPTD. Benih Induk Padi Murni Tanjug Morawa. Waktu penelitian mulai bulan Mei sampai dengan Juli 2020. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu survey dan wawancara. Jumlah sampel sebanyak  3 orang, yang terdiri dari sekretaris, bendahara, dan bagian produksi. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT. Strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan varietas inpari -32 padi sawah di UPTD Balai Benih Tanjung Morawa yaitu strategi agresif. Alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pengembangan varietas inpari -32 padi sawah di UPTD Balai Benih Tanjung Morawa adalah Menambah jumlah tenaga kerja agar dapat menghasilkan produksi yang lebih besar sehingga bersaing dengan industri lain dengan total nilai sebesar 5,13.

Published
Sep 30, 2021
How to Cite
HUTAURUK, Naomi; KEMBAREN, Saripah Ani; LUBIS, Effendi. ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGANAGRIBISINIS BENIH UNGGUL PADI SAWAH (Oryza satyva L.) di UPTD. BENIH INDUK PADIMURNI TANJUNGMORAWA. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 103-117, sep. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/1397>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles