PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KREUZWORTRÄTSEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Kreuzworträtsel terhadap kemampuan membaca siswa kelas XI SMA Sw YP HKBP Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimental dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA SW YP HKBP Pematangsiantar sebanyak 50 Orang. Berdasarkan Teknik purposive sampling yang artinya sederhana karena teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan pertimbangan tertentu dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-4 berjumlah 25 orang.
Adapun Teknik pengumpulan data yaitu berupa essai tes dengan melakukan tahap pretest, treatment dengan menerapkan media pembelajaran Kreuzworträtsel dan posttest maka dihasilkan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukan diperoleh data nilai pretes dengan nilai rata-rata yaitu 2,76 yang tergolong dalam kategori rendah. Setelah diberikan perlakuan hasil belajar siswa meningkat, hal ini dapat di lihat dari rata-rata nilai posttest yaitu 8,72. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan =0,05 dan ttabel sebesar 2,064, thitung sebesar 8,073. Dengan demikian thitung >ttabel 8,073 > 2,064 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran kreuzworträtsel terhadap kemampuan membaca siswa kelas XI SMA Swasta YP HKBP 1Pematangsiantar. Kemudian berdasarkan Skor persen N-Gain yaitu 81,8% yang artinya media pembelajaran kreuzworträtsel efektif terhadap kemampuan membaca siswa kelas XI SMA SW YP HKBP 1 Pematangsiantar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.