PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

  • Ruth Maika Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Esti Marlina Sirait Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Eva Pasaribu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 091617 Serbalawan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas IV pada materi sumber energi alternatif terhadap hasil belajar siswa memperoleh hasil rata-rata  pre-test 48,28 dan rata-rata post-test 80,00 dengan presentasi peningkatan tes yaitu 16%. Setelah melakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, thitung > ttabel yaitu 24,48 > 1,70 dan taraf signifikan 0,05. Setelah melakukan perhitungan menggunakan rumus uji “t” maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Dari data diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 091617 Serbalawan.

Published
Feb 25, 2025
How to Cite
MAIKA, Ruth; SIRAIT, Esti Marlina; PASARIBU, Eva. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2025. ISSN 2776-2068. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5568>. Date accessed: 04 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5568.
Section
Articles