PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 091281 Batu IV. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-esksperimental design dengan desain One Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang dilakukan adalah uji validasi, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan tes. Data di olah dengan mengunakan uji N-gain, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji N-Gain dengan hasil yang diperoleh 0,62 dengan kategori sedang atau cukup efektif, maka H0 di tolak dan Ha yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 091281 Batu IV. T.A. 2023/2024.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.