PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn kelas III UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar. Ada 2 hipotesis dalam penelitian ini yaitu: (H1) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar PPKn kelas di III UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar. (Ho) tidak terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar PPKn kelas di III UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di bulan Juni. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar yang berjumlah 28 orang. Peneliti menggunakan keseluruhan populasi menjadi sampel penelitian yaitu sebanyak 28 orang, dengan jumlah 19 siswa Laki-laki dan 9 siswa perempuan. penelitian menggunakan 3 teknik dalam pengumpulan data, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil data yang peneliti peroleh dengan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu “Apakah ada Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas III UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar?. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung > ttabel dimana thitung berjumlah 16,874 dan ttabel dengat taraf df=20 berjumlah 2,052 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga diperoleh 16,874 > 2,052 Dengan demikian, hipotesis alternatif pada penelitan ini diterima yang menyatakan bahwa ada Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn Kelas III UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar 2023/2024.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.