PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI GURU PADA MASA PANDEMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SIBOLGA

  • Ahmad Pasaribu Universitas Darma Agung
  • Suwardi Lubis Universitas Sumatera Utara
  • Reini A Br Silalahi Universitas Darma Agung
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3140

Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Komunikasi Guru Pada Masa Pandemi Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga. Riset ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas komunikasi guru pada masa pandemi, untuk mengetahui pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi guru pada masa pandemi terhadap pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga. Asumsi ataupun kajian teori yang dipergunakan dalam riset ini yaitu new media, teori kognitivisme, serta teori S.O.R. Riset ini adalah kuantitaf dengan menerapkan metode penelitian hubungan atau korelasional. Adapun populasi pada riset ini adalah siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga yang berjumlah 187. Kemudian  sampel diperoleh dengan menggunakan rumus slovin maka jumlah sampel sebanyak 65 responden. Teknik penarikan sampel  yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan accidental sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan analisis table tunggal, analisis table silang, analisis korelasional Product moment, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus koefisien korelasi tata jenjang (Speraman’s Rank Order Correlations) melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan antara pengaruh kualitas komunikasi guru pada masa pandemi terhadap pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga dengan koefisien 0,552 dalam skala hubungan yang cukup berarti. Lalu pada hasil uji determinasi didapati bahwa kualitas komunikasi guru pada masa pandemi berpengaruh 30% terhadap pemahaman materi pembelajaran siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Sibolga.

Diterbitkan
Apr 30, 2023
##submission.howToCite##
PASARIBU, Ahmad; LUBIS, Suwardi; BR SILALAHI, Reini A. PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI GURU PADA MASA PANDEMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SIBOLGA. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 37 - 44, apr. 2023. ISSN 2720-9822. Tersedia pada: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/3140>. Tanggal Akses: 18 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3140.
Bagian
Articles