PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANGTERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANGTERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA

  • Lusi Rahma Yanti Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk menguji Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas di Perusahaan manufaktur sector makanan dan minuman yang terdaftar  DiBursaEfekIndonesia. Metode pengambilan sampel yang dipakai dalam riset  ini adalah metode purposivesampling. Populasi yang terkandung dalam penelitian ini 24 perusahaan dan  yang memenuhi persyaratan berjumlah 13 perusahaan. Analisis regresi Linier berganda menjadi model penelitian yang diterapkan  dalam penelitian ini dalam hal pengolah data dipakai program Statistical Product and Service Solution (SPSS) dengan meliaht hasil Uji F ( anova) dan Uji T (Parsial).Kesimpulan  dalam penelitian ini menghasilkan  bahwa secara bersama-sama (uji F) baik variable  independen perputaran kas dan perputaran piutang mempengaruhi profitabilitas (ROA). Sedangkan melalui  uji parsial  hanya variabel perputaran kas yang mempengaruhi profitabilitas (ROA) secara signifikan. Sedangkan variabel perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap laba (profitabilitas).

Published
Jun 5, 2021
How to Cite
YANTI, Lusi Rahma. PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANGTERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANGTERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 21-30, june 2021. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/999>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles