FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN FINANCIAL PADA CORPORATE FOOD AND BEVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Mawarni Buulolo Universitas Darma Agung
  • Michael Johan Siregar Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bermaksud akan mengkaji beberapa aspek yang mempengaruhi ketepatan waku pelaporan financial. Objek dalam observasi ini ialah corporate manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Pada tahun 2020 pandemi covid-19 resmi masuk di Indonesia, Bapepam mengeluarkan validitas pelonggaran batas waktu pelaporan financial guna untuk disesuaikan dengan situasi darurat akibat virus Corona di Indonesia. Hal ini dilakukan agar corporate tepat waktu dalam penyampaikan informasi financial. Spesimen pada obsevasi ini ditentukan memakai purposive sampling yang mengejawantahkan specimen selama 3 tahun pada 30 populasi.Variabel independen yang dipakai profitability, company size, liquidity, audit opinion dan punchtuality pelaporan financial sebagai variabel dependen. Faktor-faktor tersebut di uji  menggunakan dummy variabel dan metode regresi logistik akan tingkat signifikan 5%. Pandangan  observasi menunjukan sampai variabel profitability dan liquidity berdampak relevan pada punchtuality informasi financial, sementara variabel company size dan audit opinion tidak berdampak relevan pada pada punchtuality informasi financial. Pandangan pengujian selaku bersama-sama profitabilitas, company size, likuiditas, dan audit opinion berdampak relevan pada punchtuality informasi financial.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
BUULOLO, Mawarni; SIREGAR, Michael Johan. FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN FINANCIAL PADA CORPORATE FOOD AND BEVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 206 - 212, sep. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/3917>. Date accessed: 09 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i2.3917.
Section
Articles