PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP DIVIDEN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Cici Minar Marbun Universitas Darma Agung, Medan
  • Jeverlima Zai Universitas Darma Agung, Medan
  • Torang P. Simanjuntak Universitas Darma Agung, Medan
  • Nazlah Rachma Panggabean Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Laporan keuangan yaitu sistem akuntasi final untuk mengetahui laporan keuangan yang bersifat penting bagi suatu perusahaan untuk dikomunikasikan kepada pihak-pihak terkait yang terdapat di perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh laba bersih dan arus kas operasi secara parsial dan simultan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode dalam penelitian ini populasi data laba bersih, data arus kas operasi dan data dividen pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 20. Variabel Laba bersih (X1)


 


memiliki nilai t-hitung sebesar 1,109 dengan signifikan nilai signifikan 0,275 >  taraf signifikan  5% atau 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Laba bersih berpengaruh signifikan terhadap Dividen, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel Arus kas operasi (X2) memiliki nilai t-hitung sebesar 6,992 dengan signifikan 0,000 < taraf signifikan 5% atau 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap Dividen, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel Independen laba bersih dan arus kas operasi secara bersama mempunyai pengaruh yang  signifikan pada dividen yang dibagikan hal ini dapat dilihat dari hasil uji F-hitung sebesar 105,996 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih besar dibandingkan taraf 5% (0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Laba bersih dan arus kas operasi, secara simultan berpengaruh terhadap Dividen.

Published
Feb 20, 2023
How to Cite
MARBUN, Cici Minar et al. PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP DIVIDEN PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 45 - 55, feb. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/2862>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i1.2862.
Section
Articles