ANALISIS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LENGGADAI HULU KECAMATAN RIMBA MELINTANG

  • Hana Tri Krismaria Universitas Darma Agung, Medan
  • Irene C.T.H Br. Sinaga Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Dana desa merupakan salah satu bentuk realisasi desa untuk mewujudkan otonominya agar desa dapat berkembang sesuai dengan perkembangannya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis datanya adalah teknik analisis kualitatif. Dari hasil kajian ditetapkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban penyaluran dana desa dilaksanakan serupa dengan Permendagri Nomor 113 tahun 2014. Secara umum, pemerintah desa harus mengembangkan kecerdasan dan keterampilan aparat desa dengan memberikan pelatihan pengelolaan agar semua perangkat desa memahami tujuan yang sama untuk membantu keberhasilan pengelolaan dana desa.

Published
Feb 20, 2023
How to Cite
KRISMARIA, Hana Tri; SINAGA, Irene C.T.H Br.. ANALISIS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LENGGADAI HULU KECAMATAN RIMBA MELINTANG. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1 - 7, feb. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/2857>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i1.2857.
Section
Articles