ANALISIS PERBEDAAN PENENTUAN LABA KOMERSIAL DENGAN LABA MENURUT PERPAJAKAN (Studi Kasus Pada CV. Bintang Kharisma Sejati)

  • Yenni Sihombing Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penentuan perbedaan laba komersial dengan laba menurut perpajakan. Objek penelitian adalah CV. Bintang Kharisma Sejati Tahun 2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dan penelitian lapangan yang diambil dari dokumentasi laporan keuangan CV. Bintang Kharisma Sejati. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat perbedaan Penentuan Laba yang terjadi pada laporan keuangan komersial dengan laporan keuangan menurut perpajakan (fiskal) disebabkan karena adanya koreksi positif pada laporan laba rugi seperti Biaya STNK, Biaya Pemeliharaan Kenderaan, Biaya Bahan Bakar Minyak dan Penyusutan Inventaris. DanĀ  Saran untuk penilitian ini adalah Diharapkan agar perusahaan memperhatikan beberapa akun-akun atau pos-pos yang sebelumnya telah dikoreksi fiskal sehingga laporan keuangan periode selanjutnya tidak dilakukan koreksi fiskal.

Published
Mar 31, 2021
How to Cite
SIHOMBING, Yenni. ANALISIS PERBEDAAN PENENTUAN LABA KOMERSIAL DENGAN LABA MENURUT PERPAJAKAN (Studi Kasus Pada CV. Bintang Kharisma Sejati). JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 118 - 124, mar. 2021. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/2148>. Date accessed: 01 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v11i1.2148.
Section
Articles