PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), TERHADAP HARGA SAHAMPADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEKINDONESIA PERIODE 2016 -2018

  • Henida Giawa Universitas Darma Agung
  • Ahmad Asri Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh rasio-rasio keuangan perusahaan perbankan  terhadap harga saham, yang selanjutnya apabila mempunyai pengaruh maka rasio-rasio tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk memprediksi sebuah saham perbankan. Profit yang diproyeksikan dengan Net Profit Margin (NPM), Likuidity yang diproyeksikan dengan Loan to Deposit Rasio (LDR), Capital yang diproyeksikan dengan Capital Adequacy Ratio (CAR). Populasi pada penelitian ini adalah perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016 – 2018.. Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Net Profit Margin (NPM), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap harga saham. Hasil uji koefisien determinasi (R2) yang menunjukan bahwa R Square pada modal regresi adalah sebesar 0,213 yang berarti bahwa 2,13% variabel dependen (Harga Saham) dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen (NPM, LDR, dan CAR). Sedangkan sisanya 97,9% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
Sep 30, 2021
How to Cite
GIAWA, Henida; ASRI, Ahmad. PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), TERHADAP HARGA SAHAMPADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEKINDONESIA PERIODE 2016 -2018. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-11, sep. 2021. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/1414>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v11i2.1414.
Section
Articles