THE INFLUENCES OF SOCIAL STRATIFICATION OF HINDUISM CASTE IN OKA RUSMINI’S NOVEL (Pengaruh Stratifikasi Sosial Kasta Hindu Dalam Novel Oka Rusmini)

  • Gongsar Silaban Fakultas sastra Universitas Darma Agung

Abstract

Studi ini berjudul Pengaruh Stratifikasi Sosial Kasta Hindu dalam Novel Oka Rusmini. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tindakan dan pengaruh stratifikasi sosial pada kasta Hindu.  Teori yang digunakan  adalah stratifikasi sosial dalamSosiologiSuatuPengantar oleh Soerjono Soekanto, dan teori kasta Sociology oleh Schaefer. Analisis ini menggunakan penelitian kualitatif dimana data dianalisis dalam bentuk kalimat dan kata-kata. Hasilnya mengungkapkan bahwa ada beberapa tindakan-tindakan stratifikasi sosial yang digunakan dalam novel tersebut seperti: kekayaan, kekuatan, keturunan, dan pendidikan.LuhSekar seorang Sudra yang sangat ambisiusmenikahdengankasta Brahmana untuk mendapatkan status sosial, namundiamengalamikehidupan yang menyedihkanyaitu dikucilkan dan diremehkan.

Published
Oct 8, 2019
How to Cite
SILABAN, Gongsar. THE INFLUENCES OF SOCIAL STRATIFICATION OF HINDUISM CASTE IN OKA RUSMINI’S NOVEL (Pengaruh Stratifikasi Sosial Kasta Hindu Dalam Novel Oka Rusmini). JURNAL LITTERA: FAKULTAS SASTRA DARMA AGUNG, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 256–264, oct. 2019. ISSN 2657-0084. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/littera/article/view/333>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles