KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF PADA SISWA KELAS VII SMP ST.MARIA PARMONANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021.

  • Trisno Manalu Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara
  • Erlinawati Situmorang Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP St.Maria Parmonangan.Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian iniadalah seluruh siswa kelas VII SMP St. Maria Parmonangan  Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas, yaitu Kelas VIIa dengan jumlah 32 siswa dan keas VIIb dengan jumlah 32 siswa. Metode penelitian yang dihgunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu untuk mengetahui keefektifan Metode Sugesti Imajinasi Berbantuan Audio Visual dalam pembelajaran menulis Narasi Sugestif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa penugasan bagi siswa untuk menulis narasi sugestif dengan berpedoman terhadap indikator penilaian. Berdasarkan hasil penelitian maka ditarik kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi sugestif menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual. Perbedaan tersebut terbukti dengan hasil perhitungan dengan program komputer SPSS 16.0 yang dilakukan denganmenggunakan uji-t tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, yaitu hasil yang penghitungan yang menunjukkan bahwa p lebih kecil dari 0,05(thitung = 12,57; p = 0,00 < 0,05) pada taraf kesalahan 0,05 (5%) dan df sebesar 62. Sehingga metode sugesti imajinasi berbantuan media audio visual efektif dalam pembelajaran menulis narasi sugestif pada siswa kelas VII SMP Swt Santa Maria Parmonangan. Skor rerata kelompok eksperimen mengalami kenaikan sebesar 18,35, pada kelompok kontrol sebesar 7,56. Kedua kelas sama-sama mengalami peningkatan kemampuan menulis narasi sugestif, tetapi kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar


 

Published
Oct 27, 2021
How to Cite
MANALU, Trisno; SITUMORANG, Erlinawati. KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF PADA SISWA KELAS VII SMP ST.MARIA PARMONANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021.. JURNAL LITTERA: FAKULTAS SASTRA DARMA AGUNG, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 149-164, oct. 2021. ISSN 2657-0084. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/littera/article/view/1316>. Date accessed: 14 may 2024.
Section
Articles