STUDENTS' PRONUNCIATION ERRORS IN ENGLISH SILENT LETTERS AT SMA SWASTA ADVENT SIMBOLON

  • Limayiana Sihotang Universitas HKBP Nommensen
  • Nenni Triana Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Usman Sidabutar Universitas HKBP Nommensen

Abstract

Pelafalan kata bahasa Inggris memiliki perbedaan yang signifikan dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris terdapat huruf yang tidak diucapkan, sementara pada bahasa Indonesia tidak memiliki aturan yang demikian. Hal ini menyebabkan pembelajar mengalami kesulitan dalam melafalkan kata kata bahasa Inggris. Sehingga, akan berpengaruh terhadap kualitas berbicara dan dapat menyulitkan pendengar untuk memahami arti dari kata yang diucapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan pengucapan, kesalahan yang paling umum, dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan saat mengucapkan huruf diam bahasa Inggris pada siswakelas 3 SMA Swasta Advent Simbolon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua jenis kesalahan: kesalahan pre-sistematis dengan jumlah 142 (69%) dan Sistematis dengan jumlah 64 (31%). Jumlah kesalahan terbanyak terdapat pada kategori pre-sistematis sebesar 69%. Hasil penelitian juga menunjukkan beberapa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan mengucapkan kata-kata yang mengandung huruf diam: kurangnya paparan kosa kata bahasa Inggris, kurangnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, dan kurang maksimalnya peran guru mengajar pengucapan pada siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat dua jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengucapkan huruf diam: Pre-Systematis dan Sistematis, yang mana jenis kesalahan yang paling dominanadalahpre-systematis. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari siswa dan guru.

Published
Jun 26, 2024
How to Cite
SIHOTANG, Limayiana; SINAGA, Nenni Triana; SIDABUTAR, Usman. STUDENTS' PRONUNCIATION ERRORS IN ENGLISH SILENT LETTERS AT SMA SWASTA ADVENT SIMBOLON. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 268 - 275, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4448>. Date accessed: 17 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4448.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)