PENGARUH TESTIMONI, SOSIAL MEDIA DAN FANATISME PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK UMKM FREZZ CHICKEN CIKARANG

  • Qurrotul Uyun Universitas Pelita Bangsa
  • Wening Ken Widodasih Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Pertumbuhan UMKM di Indonesia sangat signifikan dan bermanfaat bagi negara, karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan, mengembangkan ide-ide kreatif, dan memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan bertambahnya jumlah wirausaha maka akan terjadi persaingan dalam bidang pemasaran. Persaingan yang muncul akan mempengaruhi keberhasilan bisnis, sehingga bisnis memerlukan pemimpin bisnis yang mampu menghadapi persaingan yang muncul. Saat ini bisnis UMKM memiliki peluang yang sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh testimoni, social media, dan fanatisme pelanggan terhadap keputusan pembelian UMKM Frezz Chicken Cikarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kusioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang telah membeli UMKM Frezz Chicken Cikarang. Analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda (Uji T dan Uji F) dengan software SPSS IBM. Hasil penelitian secara parsial variabel testimoni, social media, dan fanatisme pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan karena semua variabel memiliki nilai sig <0,05. Secara simultan variabel testimoni, social media, dan fanatisme pembelian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (82.570 > 2,70) dengan nilai sig 0,01 < 0,05.

Published
May 2, 2024
How to Cite
UYUN, Qurrotul; WIDODASIH, Wening Ken. PENGARUH TESTIMONI, SOSIAL MEDIA DAN FANATISME PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK UMKM FREZZ CHICKEN CIKARANG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 1001 - 1011, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4278>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4278.
Section
Artikel