FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TERJADINYA OSTEOPOROSIS DI UPT PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA DINAS SOSIAL BINJAI PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Hetti Marlina Pakpahan Universitas Darma Agung
  • Ana Afriani Siregar Universitas Darma Agung

Abstract

Osteoporosis merupakan suatu penyakit terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. Pada lansia terjadi penurunan kualitas jaringan tulang hal ini dapat menimbulkan kerapuhan tulang dan menyebabkan fraktur. Kejadian osteoporosis dapat meningkatkan morbiditas pada lansia, hilangnya produktivitas, kematian dini dan peningkatan biaya kesehatan . Penyebab osteoporosis dapat disebabkan beberapa Faktor resiko dan sering tidak disadari oleh lansia, misalnya kebiasaan merokok dan minum dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan adalah untuk menggambarkan faktoor-faktor resiko yang memmengaruhi osteoporosis pada lansia di UPT  Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial Binjai Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh lansia sebanyak 180 orang dan  Sampel penelitian adalah seluruh lansia  yang terdiagnosa osteoporosis yang terdapat dicatatan kesehatan  lansia yaitu sebanyak 36 orang.  Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor osteoporosis pada lansia adalah : mayoritas  usia lansia berkisar 74 – 85 tahun, jenis kelamin : perempuan,   riwayat keluarga   : tidak ada,   ada kebiasaan merokok ,   kebiasaan minum alkohol : tidak ada,  tidak ada riwayat fraktur, aktivitas fisik  tidak rutin dan ada riwayat penyakit DM  dan faktor menaupose pada lansia wanita mayoritas  usia 49-50 tahun.  Diharapkan lansia tetap melakukan kegiatan aktivitas fisik terutama melakukan olah raga seperti jalan dan senam osteoporosis secara   teratur untuk mempertahankan  kepadatan tulang lansia. Kepada UPT lansia agar memfasilitasi dan memotivasi lansia untuk tetap melakukan aktivitas selama 30 menit tiga kali seminggu dan  sesuai dengan kemampuannya.

Published
Mar 1, 2024
How to Cite
PAKPAHAN, Hetti Marlina; SIREGAR, Ana Afriani. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TERJADINYA OSTEOPOROSIS DI UPT PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA DINAS SOSIAL BINJAI PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 474 - 482, mar. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4212>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4212.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)