PENGARUH INOVASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP MODEL BISNIS PERUSAHAAN KEUANGAN TRADISIONAL: TINJAUAN TERHADAP PERUBAHAN REGULASI DAN PENGALAMAN PENGGUNA

  • Ida Kristiana Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Loso Judijanto IPOSS Jakarta
  • PA Andiena Nindya Putri ITB Stikom Bali
  • Muliza Muliza STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Alfiana Alfiana Universitas Muhammadiyah Bandung

Abstract

Inovasi keuangan digital telah secara signifikan memengaruhi tata kelola bisnis perusahaan keuangan tradisional. Artikel ini mengulas dampak inovasi tersebut pada entitas keuangan tradisional dengan memfokuskan perhatian pada perubahan regulasi dan pengalaman pengguna. Dengan pendekatan analisis literatur yang teliti, artikel ini menggambarkan disparitas antara model bisnis tradisional dengan gejala munculnya teknologi keuangan digital, serta menggali implikasi perubahan regulasi dan pengalaman pengguna dalam dinamika tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi keuangan digital telah memaksa entitas keuangan tradisional untuk mengadaptasi model bisnis mereka, memicu perubahan dalam regulasi, dan menghadirkan peningkatan signifikan dalam pengalaman pengguna. Kesimpulannya menyoroti urgensi bagi entitas keuangan tradisional untuk berinovasi secara proaktif serta menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi keuangan. Regulasi yang responsif dan pengalaman pengguna yang ditingkatkan menjadi pilar kunci dalam menghadapi tantangan yang dihadirkan dan memanfaatkan peluang yang terbentang oleh inovasi keuangan digital.

Published
Mar 1, 2024
How to Cite
KRISTIANA, Ida et al. PENGARUH INOVASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP MODEL BISNIS PERUSAHAAN KEUANGAN TRADISIONAL: TINJAUAN TERHADAP PERUBAHAN REGULASI DAN PENGALAMAN PENGGUNA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 401 - 411, mar. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4054>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4054.
Section
Artikel