APLIKASI WEBSITE UNTUK PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN SISTEM KOMUNIKASI SERAT OPTIK: FITUR KALKULASI LINK POWER BUDGET

  • Ericha Septya Dinata Universitas Telkom
  • Akhmad Hambali Universitas Telkom
  • Muhammad Iqbal Universitas Telkom
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3761

Abstrak

Latar Belakang – Aplikasi website kalkulasi Link Power Budget (LPB) pada perancangan sistem komunikasi serat optik sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan pembangunan sistem komunikasi serat optik terus dilakukan. Tujuan – Fitur LPB dirancang untuk membantu teknisi mengetahui daya yang akan dipancarkan oleh pemancar agar dapat diterima dengan baik oleh penerima. Pada kalkulasi LPB terdapat gambar untuk memudahkan teknisi memahami komponen penyusun infrastruktur serat optik mulai dari transmitter (tx) sampai pada receiver (rx). Fitur kalkulasi LPB bertujuan untuk mendapatkan nilai dari dua persamaan matematis yaitu total redaman (α_Total) dan sensitivitas daya (Pr). Metode - Kalkulasi LPB pada website didesain dengan navigasi yang intuitif, tata letak yang jelas, dan tampilan yang responsif sehingga pengguna akan mudah mengoperasikannya. Hasil Penelitian - Berdasarkan hasil pengujian perhitungan manual dan aplikasi website nilai redaman total sisi uplink sebesar sebesar 25,97497 dB dan downlink sebesar 25,53497. Hasil simulasi daya terima pada perhitungan manual maupun website didapatkan hasil yang sama yaitu sebesar -21 dBm. Kesimpulan – Nilai akurasi terhadap fitur LPB dapat disimpulkan bahwa LPB memiliki akurasi 100% dari 100%. Berdasarkan hasil perhitungan akurasi tersebut, maka fitur kalkulasi LPB merupakan fitur kalkulasi yang akurat dan layak digunakan untuk perancangan infrastruktur jaringan sistem komunikasi optik khususnya pada LPB.

Diterbitkan
Oct 31, 2023
##submission.howToCite##
DINATA, Ericha Septya; HAMBALI, Akhmad; IQBAL, Muhammad. APLIKASI WEBSITE UNTUK PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN SISTEM KOMUNIKASI SERAT OPTIK: FITUR KALKULASI LINK POWER BUDGET. JURNAL DARMA AGUNG, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 176 - 185, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Tersedia pada: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3761>. Tanggal Akses: 19 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3761.
Bagian
Artikel