GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS PENGENALAN KONSEP PREPOSITION OF PLACE UNTUK SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 SLAWI
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakn di seluruh dunia sehingga belajar Bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sangat penting agar dapat mengikuti arus perkembangan zaman. Pembelajaran Bahasa inggris mengenai preposition of place atau pengenalan penempatan suatu objek yang diajarkan di sekolah kebanyakan masih mengandalkan media cetak dan media digital seperti video sehingga proses pembelajaran dirasa kurang menarik dan interaktif. Game edukasi merupakan salah satu hasil dari pesatnya perkembangan zaman dibidang teknologi yang berrtujuan untuk membantu proses pembelajaran serta meningkatkan keinginan dan ketertarikan siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Kemudahan akses terhadap smartphone android juga menjadi salah satu faktor penunjang yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sebagai platform game edukasi. Game edukasi Bahasa Inggris ini dibuat menggunakan game engine Unity dengan bahasa pemrograman C# dan asset asset dalam game dibuat mengunakan Blender, CorelDraw X7 setra Adobe Photoshop CS6. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan guru terkait di SMP Negeri 1 Slawi mengenai topik materi serta konsep dari game yang dibuat sedangkan metode pembuatan game edukasi Bahasa Inggris ini menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Pengujian menggunakan SUS (System Usability Scale) medapatkan hasil nilai rata-rata 70,3 yang menunjukan bahwa game edukasi sudah berjalan dengan baik dan dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran Bahasa Inggris.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).